Desa Kumbung Menggelar Ritual Adat Buang Jung

Bangka Selatan381 Dilihat
banner 468x60

Bangka Selatan, gashnews.com – Buang jung adalah upacara adat yang dilakukan masyarakat suku Sawang di Bangka Belitung. Buang jung berarti membuang atau melepaskan perahu ke laut. Menurut kepercayaan suku Sawang, upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur dan keluarga yang telah tiada serta memohon keselamatan dan kesejahteraan saat melaut.

Upacara ini terutama dilakukan oleh suku Sawang di Desa Kumbung, Kabupaten Bangka Selatan menjelang datangnya musim barat atau biasanya pada bulan Juni-Juli.

banner 336x280

Rangkaian upacara adat ini terdiri dari beberapa ritual, yakni bediker, naik jitun, mancing, numbak, dan campak laut, sebelum ditutup dengan buang jung. Perahu kecil atau jung yang dibuat dihiasi daun kelapa dan beberapa macam bahan persembahan di dalamnya. Saat buang jung dilakukan, para nelayan dilarang menangkap ikan dan menebang pohon. Begitu pula, tempat yang akan dijadikan lokasi upacara adat buang jung, ditutup dari aktivitas umum seperti wisata.

Camat Lepar, Ferry Edward, menyatakan pentingnya pelestarian budaya ini.

“Buang jung merupakan adat budaya dari Desa Kumbung yang harus kita lestarikan dan kita jaga bersama sehingga tetap menjadi keunikan dan menjadi ciri khas suatu desa,” ungkap Ferry Edward saat dihubungi redaksi, Selasa (11/06/2024).

Upacara buang jung bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga sarana untuk menjaga keseimbangan alam dan spiritual masyarakat suku Sawang. Dengan melibatkan seluruh komunitas, upacara ini menciptakan kebersamaan dan memperkuat identitas budaya setempat. Ritual ini juga menarik perhatian wisatawan yang tertarik dengan budaya lokal, meskipun selama pelaksanaannya, lokasi upacara ditutup dari aktivitas umum untuk menjaga kesakralannya.

 

(Jokers Basel)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *