Pemkab Basel Adakan Lomba Fashion Show Kebaya

Bangka Selatan158 Dilihat
banner 468x60

Bangka Selatan, gashnews.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) mengadakan lomba fashion show kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini di halaman depan Kolong Bakung Kota Toboali, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Basel Debby Vita Dewi, dengan dihadiri sejumlah kepala OPD dan 60 peserta lomba fashion show kebaya dari kalangan pelajar hingga tingkat umum.

banner 336x280

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memaknai perjuangan Raden Ajeng (R.A) Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita dan sekaligus mendorong kaum perempuan untuk bisa berprestasi tanpa harus melupakan kodratnya,” kata Wabup Debby Vita Dewi.

Debby menjelaskan bahawa melalui kegiatan ini setidaknya bisa mematahkan stigma perempuan yang hanya berkaitan dengan dapur, kasur dan sumur. Istilah ini memiliki arti bahwa wanita sudah sepatutnya mengurusi urusan rumah tangga.

“Padahal perempuan bisa menjadi hebat, mandiri, berkualitas dan berprestasi tanpa menghilangkan kodratnya sebagai ibu dan istri yang baik. Utamanya bagi anak beserta suami dan keluarganya. Karena memang saat ini perempuan masih didiskreditkan tetang budaya dan sistem patriarki yang masih ada menjadikan perempuan sebagai individu kelas kedua yang dipandang sebelah mata,” sebut dia.

“Sebenarnya saat ini bisa dibuktikan kaum perempuan memiliki derajat sama dengan laki-laki dalam semua bidang, mulai dari segi pendidikan, prestasi hingga pemerintahan tanpa melupakan kodratnya, seperti halnya menstruasi, mengandung, melahirkan dan menyusui yang jelas-jelas tidak bisa dilakukan oleh laki-laki,” tambah Debby.

Menurut Debby hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kaum perempuan di Basel bisa tampil lebih hebat yang meniti karir tapi tetap sebagai ibu rumah tangga.

“Karena perempuan adalah manajer semua bidang, baik kesehatan, pendidikan serta keuangan. Bukan berarti ibu-ibu yang tidak bekerja itu tidak hebat. Justru ibu rumah tangga sangat luar biasa, artinya mereka adalah multitalenta, manajer dalam kesehatan dan juga lainnya,” paparnya.

Diungkapkanya bahwa Kolong Bakung dipilih sebagai lokasi lomba fashion show kebaya ini untuk promosi pariwisata serta destinasi wisata baru di Kota Toboali.

“Jadi memang kegiatan dari Pemkab Basel tidak hanya difokuskan terhadap satu titik saja, tetapi menyebar di beberapa tempat guna meramaikan ataupun mempromosi pariwisata serta destinasi wisata baru kita bangun di Kota Toboali. Sehingga dapat berdampak pada pemerataan perputaran ekonomi di wilayah yang menjadi lokus kegiatan,” ungkap Debby.

Kendati demikian Debby berharap kaum perempuan untuk kembali meningkatkan semangat agar memiliki peran strategis bagi kemajuan dan kesejahteraan daerah.

“Ayo kita tunjukan jadi perempuan yang bisa berprestasi dan tidak melupakan kodratnya sebagai mana seorang ibu rumah tangga seperti kewajibannya. Semangat Kartini jadi lebih hebat,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *