Dindikbud Basel Catat 7.039 Peserta Didik Diterima dalam Proses Seleksi PPDB

Bangka Selatan125 Dilihat
banner 468x60

Bangka Selatan, gashnews.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan (Dindikbud Basel) mencatat sebanyak 7.039 peserta didik diterima dalam proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari semua jalur, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun 2024.

“Ribuan peserta didik baru yang diterima dalam proses seleksi PPDB melalui jalur afirmasi, prestasi, mutasi maupun zonasi yang telah ditetapkan, khususnya bagi jenjang SD dan SMP Tahun 2024 ini, kami pastikan bebas dari praktik kecurangan hingga adanya titip-menitip,” kata Kepala Dindikbud Basel Elfan Rulyadi, Jum’at (5/7/2024) pagi.

banner 336x280

Menurut penjelasan Elfan bahwa jumlah tersebut berdasarkan data terakhir yang masuk ataupun laporkan dari masing-masing pihak sekolah kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan.

“Untuk jenjang Paud terdata sebanyak 1.080 peserta didik, sesuai kuotanya yang tersedia 1.080 orang, jenjang SD sebanyak 3.280 peserta didik diterima, dari alokasi kuota 4.536 orang. Sedangkan pada jenjang SMP sebanyak 2.679 peserta didik dengan alokasi kuota 3.072 siswa. Proses tahapan PPDB tahun ajaran 2024/2025 terdapat sebanyak 8.384 kuota yang telah disediakan,” jelasnya.

“Dengan 72 rombongan belajar alias rombel di 14 TK negeri, 161 rombel di 93 SD negeri dan 93 rombel di SMP negeri yang ada di delapan kecamatan, jumlah kuota tersebut dihitung berdasarkan standar pelayanan minimal atau SPM di setiap sekolah. Khusus untuk 93 SD Negeri di Basel SPM ditetapkan sebanyak 28 siswa per rombelnya. Sedangkan jenjang SMP ditetapkan sebanyak 32 siswa per rombelnya, teruntuk PPDB jenjang Paud dilakukan secara langsung bukan online. Sementara jenjang SD dan SMP dilakukan secara online,” tambah Elfan.

Elfan berharap kepada para guru-guru yang mengajarkan perserta didik yang baru, agar dapat mendidik dengan baik, mulai dari etika, ahlak maupun pelajaran nasional, ataupun keseharian.

“Sebaliknya guru juga harus mempraktekan hal yang baik kepada peserta didik baru, agar etika dan ahlak yang baik dapat di tiru oleh mereka nantinya. Saya ucapkan selamat kepada peserta didik baru, belajarlah dengan semangat, dan berikan prestasi untuk masa depan, sehingga menjadi kebanggaan bagi orang tua serta keluarga,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *