Festival “Ngarak Telok Serujo” Pemdes Airbara Tawarkan Produk UMKM Lokal Khas Desa !!!

Bangka Selatan256 Dilihat
banner 468x60

Bangka Selatan, gashnews.com – Pemerintah Desa Airbara dengan semangat mengikuti kemeriahkan acara Festival “Ngarak Telok Serujo” mengusung tema Bekecak ( Behame kite Pacak) dalam rangka memperingati Hut basel ke 21 di kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa 30/04/2024

Gelaran acara “Ngarak Telok Serujo” ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavit, dan dihadiri Sekda Bangka Selatan Haris Setiawan serta Forkopimda Basel.

banner 336x280

Acara ini Sebagai bentuk pentingnya melestarikan warisan budaya karena daerah ini memiliki adat budaya yang beragam sebagai bentuk kearifan lokal. Dengan harapan agar bisa menjadi daya tarik wisatawan luar yang penasaran dengan adat serta budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Berikut sedikit mengulas tentang “Telok serujo”, tradisi ini merupakan turun-temurun adat tradisi Bangka Selatan. yang bernuansakan islami, dimana telok serujo dilaksanakan seperti acara arak-arakan yang dilakukan untuk merayakan kawin massal, hantaran pernikahan, khataman Al-Quran, Khitanan, dan acara potong rambut bayi yang telah berumur 40 hari. Telok serujo sendiri berasal dari kata telur dan bunga serujo, sehingga kedua kata ini digabung menjadi telok serujo.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Bangka Selatan, Seluruh Pemdes, BPD, Pak RT, PKK l, Kader dan linmas, kawan-kawan semua, semoga tetap selalu menjaga kekompakan,” Ujar Muklis ketua APDESI Bangka Selatan.

Selain dari beberapa rangkaian acara yang diikuti, kepala desa Airbara Muklis juga mengajak dan menawarkan untuk produk – produk UMKM lokal mulai dari kue dan cemilan khas dari desa Airbara.

Kemeriahan ini di ikuti peserta sebanyak 10 sepuluh desa, kemudian di ikuti oleh sekolah – sekolah yang ada di kecamatan Airgegas.

(Sy Tim Jokers)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *