Intensitas Hujan Tinggi, Pemkab Basel Siagakan Penanganan Bencana

Bangka Selatan153 Dilihat
banner 468x60

BANGKA SELATAN, gashnews.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan terkait intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut. Plt. Kadis Kominfo selaku Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID), Yuri Siswanto, menyampaikan beberapa langkah penting yang harus diambil oleh warga untuk mengantisipasi potensi bencana seperti banjir, pohon tumbang, dan timbulnya penyakit.

“Saat ini wilayah Bangka Selatan sedang berada di musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi bahkan sesekali disertai angin kencang. Hal ini tentu akan berpotensi menimbulkan genangan air, banjir, dan pepohonan tumbang serta timbulnya penyakit. Untuk itu, dihimbau agar kita semua untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan tindakan pencegahan di rumah dan lingkungan masing-masing,” ujar Yuri kepada media pada (08/07/2024).

banner 336x280

Beberapa langkah yang disarankan oleh Yuri termasuk menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan dan kelancaran saluran air, tidak membuang sampah sembarangan, serta merapikan pepohonan yang rentan tumbang atau menimpa rumah.

Dari aspek kesehatan, masyarakat dihimbau untuk tetap melakukan gerakan 3M Plus. Gerakan ini bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk dengan cara:
1. Menguras tempat penampungan air.
2. Menutup tempat-tempat penampungan air.
3. Mendaul ulang barang-barang yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

“Poin Plus dari gerakan 3M meliputi menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi rumah, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah tertutup, serta memberikan larvasida pada penampungan air yang sulit dikuras,” tambah Yuri.

Yuri juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan telah memerintahkan OPD terkait untuk terus siaga dalam pelayanan, terutama dalam penanganan bencana. Masyarakat yang mengetahui kejadian bencana diimbau untuk segera melaporkannya ke nomor aduan penanggulangan bencana Bangka Selatan atau melalui kanal media sosial Bupati Bangka Selatan.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat Bangka Selatan dapat menghadapi musim penghujan dengan lebih siap dan aman.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *