Pemkab Basel Pastikan Pasokan Daging Hewan Qurban Cukup

Bangka Selatan280 Dilihat
banner 468x60

Bangka Selatan, gashnews.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung memastikan pasokan daging hewan kurban cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan kurban pada hari raya idul adha 1445 hijriah.

” Hewan kurban yang terdata di kami saat ini totalnya ada 771 ekor, sapi sebanyak 500 ekor dan kambing sebanyak 271 ekor,” kata Kabid Pertenakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Senin.

banner 336x280

Nurudin mengatakan bahwa satu pekan sekali, pihaknya juga terus melakukan pendataan persediaan hewan kurban secara berkala sebagai langkah untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat.

” Pendataan ini antisipasi dini apabila ketika kebutuhan masyarakat saat kurban idul adha dan juga untuk pelaporan jumlah persediaan hewan kurban ke provinsi yang akan diteruskan ke pusat,” lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang masuk ke Bangka Selatan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyakit lato-lato.

” Tujuannya supaya hewan ternak dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Kemudian memastikan kelayakan daging kurban agar aman dikonsumsi oleh masyarakat Bangka Selatan,” tuturnya.

(Redaksi)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *