Rakor TPPS Basel, 3 Desa Ini Jadi Fokus Penanganan

Bangka Selatan161 Dilihat
banner 468x60

BANGKA SELATAN, gashnews.com — Pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Rembuk Stunting 2024, Pj. Sekda Haris Setiawan mengungkapkan fokus baru pada tiga desa prioritas dalam penanganan stunting. Desa Kumbung, Desa Tanjung Sangkar, dan Desa Bedengung dari Kecamatan Lepar dan Payung menjadi locus penanganan stunting tahun ini.

“Kami menegaskan pentingnya strategi dan sinergi yang cepat dan tepat di tiga desa ini,” ujar Haris pada Senin (27/05/2024).

banner 336x280

Ia juga mengingatkan bahwa jika ada pihak yang tidak mendukung program stunting, akan diambil tindakan sesuai aturan yang berlaku. Rakor ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperkuat komitmen seluruh pihak dalam penanganan stunting di Bangka Selatan.

“Kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa, saya tegaskan sejak dini susun strategi dan sinergi agar semua lini bergerak cepat dalam penanganan penurunan stunting ini. Terkhusus untuk 3 desa (Desa Kumbung, Desa Tanjung Sangkar dan Desa Bedengung) dari 2 kecamatan (Kecamatan Lepar dan Payung) yang menjadi locus penanganan penurunan stunting kita Tahun 2024 ini. Jika ada perangkat daerah, kecamatan, desa dan kelurahan maupun pihak swasta yang tidak bersedia mendukung program dan strategi yang telah kita susun, segera sampaikan dan akan kita berikan tindakan sesuai aturan yang berlaku,” tegas Haris.

Haris juga mengingatkan jika program percepatan penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas di Bangka Selatan. Maka untuk mewujudkan semua itu harus melalui percepatan pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing.

“Angka prevalensi Bangka Selatan mengalami penurunan pada Tahun 2022 di angka 23% yang mana pada tahun 2023 pada angka  20,6%, hal ini sudah dekat dari target angka nasional yaitu 18,8%. Tentu hal ini juga menjadi perhatian kita bersama bahwa memerlukan kerja yang lebih keras lagi dalam penurunan angka stunting. Perlu komitmen dan implementatif, pelaksanaan rapat koordinasi dan rembuk stunting ini kita harapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh TPPS Kabupaten Bangka Selatan dan pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program percepatan penurunan stunting dan capaian indikatornya,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *